Tim robotik Fakultas Teknologi Industri (FTI) Unissula berhasil mencatatkan prestasi nasional dengan berhasil melaju ke babak delapan besar dalam kategori Kontes Robot ABU Indonesia KRAI dalam ajang Kontes Robot Indonesia (KRI) tingkat nasional. Tim Robotik FTI Unissula menjadi satu-satunya perguruan tinggi swasta yang berhasil mencapai posisi delapan besar secara nasional.

Kontes Robot Indonesia diselenggarakan di Universitas Semarang bekerja sama dengan Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Pusprenas Kemendikbud Ristek) pada tanggal 21-25 Juni 2023.

Unissula berhasil meloloskan tiga tim, yaitu tim robotik divisi Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), divisi Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), dan divisi Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI). Tim Unissula berkompetisi dengan 136 tim lainnya yang terdiri dari total 620 peserta, dan melibatkan 136 pembina dari perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS) dari seluruh Indonesia.

Dekan FTI Unissula, Dr. Novi Marlyana, mengungkapkan apresiasi atas prestasi yang diraih oleh para mahasiswa kami di tingkat nasional. Tim Robotik merupakan salah satu prestasi unggulan dari FTI Unissula. Dia berharap agar prestasi ini dapat terus meningkat baik di tingkat nasional maupun internasional. Yang terpenting adalah keberlanjutan prestasi ini, yaitu dapat ditularkan kepada adik-adik kelas mereka sebagai regenerasi,” ungkapnya.

Tim Robotik FTI Unissula yang berhasil melaju ke tingkat nasional tahun ini adalah Robusa (KRAI), Saroseta (KRSTI), Botisa (KRTMI), dan tim robotik FTI lainnya.

Sementara itu, ketua pembimbing robotik FTI Unissula, Dr. Bustanul Arifin, menyatakan bahwa prestasi mahasiswa yang berhasil lolos ke babak delapan besar nasional merupakan peningkatan dari prestasi tahun sebelumnya ketika mereka berhasil lolos ke babak 16 besar dalam ajang lomba KRI 2022 di ITS Surabaya. “Kami berharap prestasi ini dapat semakin meningkat pada tahun mendatang,” ucap Bustanul.

Tim robotik Unissula ini diperkuat oleh para mahasiswa dari Program Studi Teknik Elektro, Teknik Informatika, dan Teknik Industri. Dosen pembimbing yang terlibat adalah Dr. Bustanul Arifin, Dr. Eka Nuryanto Budi Susila, Dr. M. Khosyi’in, dan Andi Riansyah, MKom.

info via FB Unissula

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Explore More

KSR PMI UNJAYA dan Senyum Anak Nusantara mengadakan Lokakarya: Temukan Potensi Relawan Anda, Kembangkan dan Gunakan

KSR PMI UNJAYA dan Senyum Sanak Nusantara mengadakan Lokakarya Temukan Potensi Relawan Anda, Kembangkan dan Gunakan
June 7, 2023 0 Comments 7 tags

Yogyakarta, 7 Juni 2023 – Korps Sukarala Palang Merah Indonesia Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta (KSR PMI UNJAYA) dan SENYUM ANAK NUSANTARA dengan bangga mengumumkan pelaksanaan lokakarya yang bertema “Temukan

Peringkat Universitas Di Indonesia 2024 – Versi Webometrics Edisi Januari/Maret 2024

Peringkat Universitas Di Indonesia 2024 – Versi Webometrics Edisi JanuariMaret 2024
March 8, 2024 0 Comments 5 tags

Dalam era globalisasi dan digitalisasi saat ini, pemeringkatan universitas menjadi salah satu tolok ukur penting dalam menilai kualitas dan reputasi perguruan tinggi. Pada bulan Januari/Maret 2024, Webometrics, sebuah lembaga pemeringkatan

Sosialisasi tentang Kebersihan Kandang dan Praktek Pembuatan Pakan Silase di Dusun Grantingan

KKN UMBY Mercu Buana Jogja - Sosialisasi tentang Kebersihan Kandang dan Praktek Pembuatan Pakan Silase di Dusun Grantingan
August 22, 2023 0 Comments 0 tags

(Magelang -FK) – Lebih dari 30 warga di Dusun Grantingan, Bringin, Srumbung, Magelang berkumpul di rumah seorang warga untuk mengikuti acara sosialisasi yang diadakan oleh kelompok KKN Universitas Mercu Buana