Tim Auditor Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia (RI) telah mengunjungi Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta selama lima hari mulai 31 Juli hingga 4 Agustus 2023. Kunjungan tim tersebut merupakan bagian dari pemantauan Program Prioritas Kementerian Kampus Merdeka Episode 2, 6, dan 20 di UNS. Pada kunjungannya, Tim Auditor Itjen Kemendikbudristek disambut oleh Pimpinan Universitas, Direktur, Kepala Biro, dan Koordinator di lingkungan UNS.

Taufiq Arifin, S.E., M.Sc., Ph.D, Ak., Direktur Direktorat Keuangan dan Optimalisasi Aset, menjelaskan bahwa Tim Auditor Itjen Kemendikbudristek melakukan pemantauan terkait Program Prioritas Kementerian Kampus Merdeka yang terdiri dari tiga episode, yaitu Episode 2, 6, dan 20. Episode 2 mencakup program Kampus Mengajar, Beasiswa Indonesia Intenational Mobility Award (IISMA), Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB), Akreditasi PTN, Wirausaha Merdeka, dan Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM). Episode 6 melibatkan dana insentif capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) UNS tahun 2022, program kompetisi Kampus merdeka, dan program matching fund. Sedangkan Episode 20 adalah program praktisi mengajar.

Tim Auditor Itjen Kemendikbudristek ingin melihat pelaksanaan program-program tersebut di lapangan dan memastikan kepatuhan terhadap regulasi yang berlaku. Taufiq menegaskan bahwa pemantauan semacam ini adalah hal yang wajar dan memberikan masukan apabila ada hal-hal yang perlu diperbaiki.

baca Juga : Wisuda Politeknik Indonusa Surakarta usung berkonsep Teknologi Society 5.0

Hasil pemantauan menunjukkan bahwa secara umum UNS telah berhasil melaksanakan Program Prioritas Kementerian Kampus Merdeka Episode 2, 6, dan 20 sesuai dengan regulasi yang ada. UNS juga mendapatkan apresiasi dari Itjen Kemendikbudristek karena berada pada posisi kedua (top 10%) di liga Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH) dan meraih dua keunggulan IKU yaitu IKU 6 dan IKU 7.

Pada Jumat (4/8/2023), Helena selaku Pengendali Mutu Tim Itjen Kemendikbudristek menyerahkan hasil pemantauan kepada Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Prof. Dr. Ahmad Yunus, M.S., yang didampingi oleh Wakil Rektor Umum dan SDM UNS, Dr. E. Muhtar, S.Pd., M.Si. CFrA, dan Wakil Rektor Riset dan Inovasi UNS, Prof. Dr. Kuncoro Diharjo, S.T., M.T. Helena menyatakan bahwa pelaksanaan Program Prioritas Kementerian Kampus Merdeka Episode 2, 6, dan 20 di UNS telah berjalan dengan baik, meskipun terdapat beberapa rekomendasi untuk perbaikan ke depan agar pelaksanaan di UNS dapat lebih baik lagi.

info via : https://uns.ac.id/id/uns-update/pastikan-program-program-pemerintah-berjalan-lancar-tim-auditor-itjen-kemendikbudristek-berkunjung-ke-uns.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *